Saturday 17 January 2015

Pidato tentang kegemaran Membaca



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Ibu Rumini selaku guru bahasa indonesia
Serta teman-temanku yang saya sayangi
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga hari ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal-afiat. Tidak lupa juga, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar muhammad SAW.
Terima kasih saya ucapkan kepada Ibu Rumini yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang bertemakan “ Indonesia Gemar Membaca”.
Hadirin yang saya hormati,
Sungguh mengherankan apabila kita mendengar ada orang yang mengatakan bahwa mereka bosan membaca. Padahal membaca adalah salah satu hobi menyenangkan. Pada awalnya, membaca sering kali di tafsirkan sebagai hal yang sepele, atau sering dianggap remeh. Namun pada kenyataannya dengan  membaca memiliki banyak sekali manfaat.
Hadirin yang saya hormati,
Perlu kita ketahui bahwa manfaat membaca yang pertama adalah sebagai proses pengembangan kecerdasan. Dengan membaca, berarti kita memaksa otak untuk memikirkan banyak hal yang belum kita ketahui. Kedua, membaca dapat memperbanyak kosakata. Kita dapat belajar menebak makna dari suatu kalimat bacaan yang belum kita ketahui. Ketiga, membaca akan meningkatkan konsentrasi dan fokus terhadap buku yang sedang kita baca. Keempat, membangun kepercayaan diri. Semakin banyak membaca, semakin banyak pengetahuan yang akan didapatkan sehingga membangun kepercayaan diri kita.
Hadirin yang berbahagia,
Manfaat membaca yang kelima adalah dapat meningkatkan kapasitas memori otak. Penelitian menunjukkan bahwa kita dapat kehilangan memori dalam otak apabila kita tidak sering mengingat kembali. Selain itu, membaca dapat juga berguna untuk meningkatkan kedisplinan diri, hal ini dikarenakan apabila kita konsisten dalam menambahkan kegiatan membaca dalam jadwal harian kita. Di sisi lain, kegiatan membaca dapat meningkatkan kreativitas. Membaca tentang keanekaragaman kehidupan dapat membantu perkembangan sisi kreatif pada otak. Manfaat terakhir kegiatan membaca adalah dapat mengurangi kebosanan dari kehidupan sehari-hari yang rumit. Kini kita telah mengetahui, beberapa manfaat membaca. Seperti kata pepatah, buku merupakan jendela dunia dan ada pula yang mengatakan bahwa buku adalah gudang ilmu. Kesimpulannya yang dapat kita ambil, adalah selain memiliki banyak manfaat, membaca juga salah satu rutinitas yang menyenangkan. Harapan saya semoga dengan membaca, wawasan kita akan lebih luas dan kegemaran membaca kita semakin besar. Oleh karena itu, marilah kita tanamkan kegemaran membaca sejak dini dan dalam keseharian kita.

Hadirin yang saya hormati.
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian teman-teman dan Akhir kata, saya ucapkan mohon maaf apabila terucap kata-kata yang kurang berkenan. Akhirul kalam.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.






Nama               :           Alif agus saputro

1 comment:

  1. Pragmatic Play - Aogi dan Daftar Slot Online Terpercaya
    › slot › slot Pragmatic Play is a 우리카지노 leading provider of gaming content to the iGaming industry, supplying innovative, regulated and クイーンカジノ mobile-focused gaming 온카지노 products,

    ReplyDelete